メインイメージ画像

Berbagai cara pengaturan komisi broker pada properti

Pada penjualan properti yang menggunakan broker, perlu diperhatikan bahwa akan ada komisi broker yang perlu dibayarkan apabila transaksi berhasil dilakukan. Untuk mencegah permasalahan mengenai komisi yang diterima oleh broker, perlu bagi anda untuk mengetahui mengenai hukum dan peraturan pada komisi broker. Secara hukum ada batas yang telah ditentukan untuk pendapatan broker atas komisi penjualan yang dilakukannya. Karena itu apabila pembayaran agen properti anda diatas batas maksimum pembayaran maka anda telah melanggar hukum yang berlaku. Selain itu komisi broker ditentukan oleh hukum pada batas atas, dengan maksimum yang tidak bisa di jadikan dasar pembayaran. Dalam kasus mediasi transaksi melalui broker, hak broker didapatkan olehnya sejak transaksi tersebut sukses dilakukan. Agen properti dapat mengklaim komisi mereka ketika kontrak penjualan terjadi.

Berdasarkan hal tersebut, tidak ada kewajiban untuk membayar broker apabila belum terjadi kontrak jual beli pada properti. Jika terjadi kontrak penjualan, maka secara otomatis perusahaan properti atau agen properti anda akan mengklaim komisi dari jumlah penuh pembayaran atas kontrak yang terjadi.

Namun karena pada saat serah terima ada banyak kasus yang dimana serah terima tersebut tidak terselesaikan dengan baik maka pembayaran komisi broker pada saat awal tandatangan kontrak adalah sebesar 50% dahulu, dan ketika serah terima selesai dilakukan akan dibayarkan sisa 50% dari komisi broker tersebut. Dalam bisnis umum broker, biaya yang keluar akibat dari pengeluaran pribadi tidak dapat diklaim. Sebagai contoh, biaya publisitas dan beban saat membimbing orang orang yang ingin membeli properti, komisi hanya akan dibayarkan ketika kontrak penjualan tersebut terjadi. Contoh lainnya seperti misalkan anda bertanya secara khusus terhadap broker tersebut, maka anda dapat diklaim atas biaya tersebut.

Misalnya orang yang bertanya itu memberikan harapan kepada broker seperti mereka ingin membeli properti yang mereka lihat dan adanya perjamuan makan yang dilakukan broker tersebut kepada calon pembeli, atau perjalanan bisnis dilokasi yang jauh dan membutuhkan biaya dapat diklaim. Namun pada dasarnya karena hal tersebut berdasarkan permintaan, maka biaya yang sebenarnya terbatas pada kasus kasus seperti itu.

history

2015.12.19
»updated.
2015.12.28
»added.
2016.06.20
»added.